Tue. Jul 14th, 2020

Pabrik Nissan Indonesia Resmi Ditutup. Bagaimana Nasib Konsumen?

2 min read

Yokohama, Jepang – Nissan Motor Corporation mengumumkan rencana untuk menutup pabrik perakitan kendaraan bermotor di Spanyol dan Indonesia dalam konteks efisiensi global. CEO Nissan Makoto Uchida mengatakan, dalam road map empat tahun itu akan memfokuskan aktivitas pabriknya di Inggris dan Sunderland untuk memasok unit di kawasan Eropa.

Sedangkan untuk produksi dari Indonesia, itu akan dialihkan ke Thailand, yang juga digunakan sebagai basis produksi tunggal Nissan di kawasan ASEAN.

"Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi inti kami dan meningkatkan kualitas bisnis kami, sambil mempertahankan kondisi keuangan untuk mencapai profitabilitas," kata Uchida.

Dalam restrukturisasi ini, produsen nomor dua terbesar di Jepang juga akan memangkas target utilitas produksi global sebesar 20 persen dan biaya tetapnya. Ini termasuk berfokus pada operasi geografis tertentu, seperti Jepang, Cina dan Amerika Utara, dan memanfaatkan aset aliansi untuk mempertahankan bisnis yang sesuai di Amerika Serikat (AS), ASEAN, dan Eropa.

Melalui langkah yang disebut "era Nissan-ness baru", Nissan menargetkan margin laba operasi 5 persen dan pangsa pasar global 6 persen pada akhir tahun fiskal 2023. Uchida juga mengatakan, rencana empat tahun terfokus pada dua bidang strategis, membangun reputasi Nissan untuk inovasi, keahlian, fokus dan kualitas pelanggan, di samping transformasi budaya berkelanjutan.

Sebelumnya, Nissan melaporkan kerugian 671,2 miliar yen atau 6,2 miliar dolar AS pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2020. Ini adalah kerugian tahunan pertama sejak 2009, setelah dilanda krisis keuangan global. Dalam hal produksi kendaraan global, disebutkan juga bahwa ada penurunan hingga 62 persen di bulan April dari tahun sebelumnya menjadi 150.388 kendaraan.

Lalu bagaimana nasib pengguna mobil Nissan di Indonesia? Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari PT Nissan Motor Indonesia.

Bang, Nissan, Youtube Cowboy Bang

Pos Pabrik Nissan Indonesia Resmi Ditutup. Bagaimana Nasib Konsumen? muncul pertama kali Magz Otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.